5.445 RTS, Penerima Raskin di Kota Tomohon

Kota Tomohon, raskin tomohon
Pembinaan Penyaluran Raskin di Kota Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.co.id) – Rumah Tangga Sasaran (RTS) penerima Beras Miskin (Raskin) di Kota Tomohon berjumlah 5.445 tersebar di lima. Hal ini terungkap dalam Pembinaan Penyaluran Beras untuk Keluarga Miskin Tahun 2015 di Aula Lantai III Kantor Walikota Tomohon Selasa (17/3/2015).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Bagian Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Tomohon. Kegiatan dibuka oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Tomohon Ronni Lumowa, SSos MSi mewakili Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak

Walikota Tomohon dalam sambutannya yang dibacakan Lumowamengatakan bahwa Pemerintah Kota Tomohon wajib menyukseskan program Raskin di mana tahun 2015 ini yang menjadi sasaran program Raskin kota Tomohon adalah berkurangnya beban pengeluaran 5.445 Rumah Tangga Sasaran (RTS) dalam mencukupi kebutuhan pangan beras melalui penyaluran beras bersubsidi sebanyak 15 kg/RTS/bulan atau setara 180 kg/RTS/tahun dengan harga tebus Rp. 1.600/kg netto di titik distribusi.

‘’Perlu peran dan fungsi tim koordinasi Raskin kota Tomohon agar tidak terjadi kesulitan dalam penyaluran nanti,’’ kata walikota.

Dikatakannya, penyaluran Raskin harus memenuhi enam tepat yakni Tepat Sasaran, Tepat Jumlah, Tepat Harga, Tepat Waktu, Tepat Administrasi dan Tepat Kualitas.Karena dengan melaksanakan penyaluran sesuai dengan ketentuan dan aturan-aturan yang telah ditetapkan, maka diharapkan program ini benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kota Tomohon.

Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Tomohon Yeff H. Anes SP dalam laporannya mengatakan bahwa maksud dan tujuan penyelenggaraan kegiatan pembinaan penyaluran beras untuk keluarga miskin adalah untuk menyatukan persepsi dari semua pemangku kepentingan (stakeholder) yang terlibat dalam pengelolaan raskin di kota Tomohon.

Serta untuk merumuskan berbagai permasalahan yang muncul di lapangan di dalam penyelenggaraan kegiatan program beras untuk keluarga miskin; serta untuk menyukseskan program pemerintah dalam rangka memberantas kemisikinan serta berkurangnya beban pengeluaran rumah tangga sasaran dalam mencukupi kebutuhan pangan beras melalui pendistribusian beras bersubsidi.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kepala Badan Ketahanan Pangan Kota Tomohon Ir. Vonny Pontoh, para Camat, Lurah, Bulog Sulut, Kepala Urusan Kesra di kelurahan / pelaksana penyaluran di titik distribusi dan tim koordinasi raskin tingkat kecamatan.

Sebagai narasumber yaitu Sekretariat Raskin Perum Bulog Divre Sulut dan Gorontalo Bolu Ismail, Korlap Raskin Tomohon Perum Bulog Andy Iskandar dan Kepala Seksi Statistik Sosial Badan Pusat Statistik Kota Tomohon Frans Logio SE. (ark)

Add Comment