Masih Ada Warga Buang Sampah Rumah Tangga di Pasar Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Masih ada warga Tomohon belum sepenuhnya paham pentingnya kebersihan dan keindahan. Sebagai contoh di Pasar Beriman Tomohon.

Hingga Jumat (13/3/2015) malam, masih ada saja warga yang membuang sampahnya di lokasi pasar.

Hal ini diakui Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Pasar Tomohon Hofny SC Kalalo SH. Menurutnya, kejadian seperti ini terjadi setiap hari.

‘’Padahal, saat ditinggalkan pedagang, lokasi pasar sudah bersih dan tidak ada lagi sampah,’’ ujar Kalalo.

Kalalo yang tiap malam mengaku melakukan pemantauan langsung di lokasi pasar, setiap hari menemukan sampah yang dibuang oleh masyarakat di lokasi pasar.

‘’Awalnya, saya menduga mungkin itu sampah yang belum sempat diangkat saat pedagang meninggalkan lokasi pasar. tapi, setelah beberapa lama saya amati, ternyata itu nanti dibuang malam hari sekitar pukul sepuluh,’’ tandas mantan anggota DPRD Tomohon ini.

Pukul 20.00 Wita atau jam delapan malam, kondisi pasar sudah bersih dari sampah. Namun, mulai pukul 22.00 Wita atau jam sepuluh, sampah di dekat los atau kios sudah ada kembali.

‘’Berarti ini dibuang setelah sampah diangkat. kalau sampah pedagang tidak mungkin karena mereka telah pulang. Ini adalah sampah rumah tangga yang sengaja dibuang oleh mereka yang tidak bertanggung jawab,’’ ketus Kalalo seraya menambahkan pihaknya akan mengawasi kondisi pasar setelah pedagang pulang nanti. (ark)

Add Comment