Walikota Bitung: Musrembang Pegang Peran Penting Dalam Penyusunan APBD

BITUNG, (manadotoday.co.id) – Musrembang memegang peran penting dalam penyusunan APBD. Pasalnya, akan mensinergikan semua program yang akan dilakukan dalam satu tahun anggaran. Oleh karena itu, musrembang dilakukan dari tingkat kecamatan sampai tingkat nasional, guna menyerap dan menyatukan semua aspirasi yang masuk ke pemerintah, melalu dewan ataupun langsung ke SKPD.

“Inilah gunanya Musrembang. Juga akan memudahkan pemerintah dalam menjalankan program karena semua suda terpetakan dengan baik,” tandas Walikota Bitung Hanny Sondakh.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, dalam musrembang semua unsur diundang dan saling memberikan pendapat. Dari sinilah kemudian disatukan dan dirampungkan menjadi satu kemudian dimasukan dalam RAPBD kemudian masuk dalam pembahasan untuk menjadi APBD. SKPD sudah tentu tidak mungkin dapat direalisasikan seluruhnya dalam satu

tahun anggaran. Tetapi akan dilaksanakanĀ  secara berencana, bertahap dan berkesinambungan sesuai urutan prioritas pembangunan.

“Juga sebagai proses untuk memperkuat koordinasi dan komitmen segenap komponen pelaku pembangunan di kota bitung pada kenyataannya program dan kegiatan yang direncanakan pada hasil forum,” pungkas Sondakh. (esa)

Add Comment