Korengkeng Hadiri Rakor Akuntasi Bebasis Akrual Statistik Keuangan

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi atas nama Bupati Drs. J.W. Sajow, menghadiri Rapat Koordinasi Akuntansi Berbasis Akrual, Statistik Keuangan serta Pelaksanaan dan ertanggungjawaban Transfer ke Daerah dan Dana Desa, Selasa (10/3/2015) di Gedung Keuangan Negara, Jln Bethesda Manado.

Rakor yang diikuti oleh per utusan Kabupaten dan Kota se-Sulawesi Utara ini dibuka pelaksanaannya oleh Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan KPPN Provinsi Sulut Irwan Ritonga.

Sekda Jeffry Korengkeng didampingi Sekretaris BPKBMD Minahasa Andre Winowatan SSTP MSi, Kabid Akuntansi dan Verifikasi Frangky Mea SE dan beberapa stafnya, juga mengikuti penyampaian materi tentang Kebijakan Dana Desa oleh pakar Ekonomi Dr Noldy Tuerah SE MA, dan materi tentang Auntansi Berbasis Akrual dan Laporan GPS, Pelaksanaan Tugas Bidang Perimbangan Keuangan pada Instansi Vertikal Ditjen Perbendaharaan dan Kajian Fiskal Regional (KFR) oleh Tim dari KPPN Kanwil Provinsi Sulut.

Salah seorang staf BPKBMD Minahasa Claudia Mamahit ST mengatakan, dalam Rakor tersebut mambahas tentang hal-hal yang menyangkut kebijakan Dana Desa yang ditransfer oleh Pemerintah Pusat, yang untuk tahap awal sebesar 40 persen pada tanggal 10 April 2015 nanti. Menyangkut teknis pengelolaan dan pengawasannya diserahkan ke Kabupaten dan Kota masing-masing yang diatur dengan Peraturan Daerah.

Ditambahkan Claudia, hal yang paling penting dalam Alokasi Dana Desa adalah harus dilaksanakannya Musrembang tingkat Desa.

“Dalam Rakor ini pula masing-masing Kabupaten dan Kota melakukan sharing menyangkut permasalahan, kendala atau hal-hal yang terkaita akan pelaksaan kebijakan Dana Desa, Aplikasi Akuntansi Berbasis Akrual terutama penanganan Aset di daerah masing-masing,” kata Mamahit. (rom)