Riset Geothermal UGM di Sulut, Kansil: Mudah-mudahan Banyak Manfaat untuk Rakyat

SULUT, (manadotoday.co.id) – Universitas Gajah Mada (UGM) melaksanakan riset terkait energi panas bumi atau geothermal di wilayah Sulawesi Utara (Sulut). Penelitian masuk dalam kegiatan UGM Cared Program yaitu penelitian dan pengabdian masyarakat berjudul geothermal energy for green, sustainable development and community prosperty in eastern indonesia.

Terkait hal tersebut, mendapat tanggapan dari Wakil Gubernur Sulut DR. Djouhari Kansil MPd. Menurut dia, Pemprov Sulut memberi apresiasi dan menyambut baik kegiatan tersebut.

“Mudah-mudahan kegiatan ini, bisa memberi manfaat positif untuk rakyat. Selain itu, akan membantu pembangunan Sulut dan dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia pengelola energi panas bumi di Sulut,” ujar Kansil.

Lanjutnya, Sulut termasuk salah satu daerah yang memiliki potensi besar soal energi panas bumi.

“Ini perlu dikembangkan untuk kepentingan masyarakat. Riset saya harap menghasilkan banyak manfaat bagi kepentingan bersama,” tandas Kansil.

Sementara Rektor UGM Prof Ir. Dwikorita Karnawati,Msc,Ph.d dan development counsellor at New Zealand embassy-Jakarta Mr. Philip Hewitt, menyatakan pihaknya akan mempelajari keadaan panas bumi yang ada di wilayah Lahendong dan sekitarnya.

“Riset ini akan mengedukasi masyarakat, bahwa energi panas bumi memiliki potensi baik dan aman bagi kehidupan masyarakat, bagaimana aman di aera panas bumi dan meyakinkan masyarakat daerah geothermal bukan daerah yang menakutkan untuk kehidupan masyarakat,” jelasnya. (ton)