Bupati Minahasa Buka Short Course Tim Peneliti Panas Bumi UGM

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS), membuka pelaksanaan Short Course tentang Panas Bumi bagi para Guru SMP dan SMA, LSM, dan Tokoh Masyarakat di Kabupaten Minahasa dan Kota Tomohon, Rabu (4/3/2015).

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang Sidang Kantor Bupati, Tondano, digelar oleh NZAID dan UGM RSPDF/CaDED Community Empowerment Programme serta BAPPEDA Sulut ini.

Dalam sambutannya, JWS mengatakan bahwa kegiatan ini adalah kesempatan bagi kita untuk bertukar pengalaman dan mendapatkan informasi mengenai pengembangan energi terbarukan. Panas bumi menjadi andalan energi listrik di Sulawesi Utara untuk menggerakkan perekonomian masyarakat.

Lanjut dia, masyarakat yang berada disekitaran lokasi panas bumi harus menyadari dan terlibat dalam pengelolaan panas bumi. Pemanfaatannya relatif ramah lingkungan yang didorong dan dipacu perwujudannya dan pemanfaatannya mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar minyak sehingga dapat menghemat cadangan minyak bumi.

“Dengan tema Energi untuk Tanah Airku kiranya menggerakkan kita untuk bersama menjaga, melestarikan dan memanfaatkan panas bumi dengan baik dan bertanggung jawab,” kata Bupati terbaik pilihan rakyat Minahasa ini.

Turut dihadiri dalam kegiatan itu, Asisten II Minahasa Dr Willford Siagian MA, pejabat eselon II, Peneliti Madya BAPPEDA Sulut Dra Jacoba Roeroe serta para Dosen dan Tim Peneliti Geotermal dari Pusat Penelitian UGM Yogyakarta antara lain Dr I Wayan Wardama, Dr Indra Perdana, Dr Khasani, Dr Kusumo dan Dr Pri Utami sekaligus menjadi Nara sumber kegiatan ini. (rom)

Add Comment