Sumendap Janji Tahun Ini Tapal Batas Desa di Minahasa Tenggara Tuntas

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Persoalan tapal batas desa di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menjadi perhatian serius dari Pemkab Mitra. Bupati Mitra James Sumendap SH menegaskan, tahun ini akan menuntaskan tapal batas desa. Orang nomor satu di Mitra ini, berjanji akan segera menuntaskan permasalahan tapal batas desa tahun 2015 ini.

“Soal tapal batas wilayah di desa-desa yang belum terselesaikan akan segera kami tindak lanjuti tahun ini. Nanti untuk anggarannya akan dimasukkan dalam APBD Perubahan,” ujar Sumendap.

Lanjut dikatakan Sumendap, pemerintah berencana akan membangun tapal batas desa dengan menggunakan teknologi modern yaitu batas wilayah wilayah melalui titik koordinat.

“Jadi, rencananya tak akan dibuat patok sebagai penanda batas desa. Nanti akan pakai titik koordinat, supaya walaupun terjadi bencana longsor, koordinatnya tak akan berubah. Sampai anak cucu pun batas desanya dapat diketahui dengan jelas,” pungkasnya.

Diketahui, persoalan tapal batas desa di wilayah Mitra dominan terjadi di desa-desa pemekaran. Anggota DPRD Mitra Temmy Naray menyatakan persoalan tapal batas desa juga akan berdampak pada penyelenggaraan pemerintahan di desa itu sendiri. “Dampak paling buruk jika ada di lahan di wilayah perbatasan yang bersengketa. (ten)

Add Comment