Disparbud Sulut Gelar Festival Kolintang dan Maengket Tingkat SD

SULUT, (manadotoday.co.id) – Dalam rangka terus menjaga kelestarian budaya daerah, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), menggelar festival musik kolintang dan maengket untu tingkat Sekolah Dasar (SD).

Kegiatan yang digelar di Taman Budaya Manado, diikuti ratusan siswa SD yang berasal dari berbagai daerah se-Provinsi Sulut.

“Salah satu tujuan kegiatan ini, untuk membentuk karakter anak bangsa sejak usia dini. Nah, siswa SD diikutsertakan dalam festival ini, selain untuk menumbuhkembangkan kecintaan terhadap musik dan tarian daerah, juga melestarikan sekaligus memelihara budaya daerah yang merupakan khasana budaya nasional,” kata Kepala Disudpar Sulut Ir. Happy TR Korah MSi.

Karena lewat musik dan kesenian daerah lanjut dia, bisa dilihat kreatifitas para siswa memainkan musik dan gerak tari yang indah dan harmoni.

“Mudah-mudahan kegiatan ini akan semakin menunbuhkembangkan kecintaan anak-anak terhadap musik dan budaya tradisional,” kata Korah.

Sementara Prof. Pery Rumengan salah satu pemerhati seni budaya daerah, menilai kegiatan ini sangat baik. Selain itu, kegiatan seperti ini diharapkan rutin dilakukan, guna kelestarian budaya daerah.

“Kegiatan ini baiknya dilaksanakan secara berkala. Mengingat pelestarian seni budaya seperti ini, perlu terus dikembangkan terhadap generasi muda kita, dan menangkal masuknya budaya global yang bisa merusak mental dari karakter anak bangsa,” pungkasnya. (ton)

Add Comment