Terpilih Aklamasi, Jein Sumendap-Rende Pimpin PMI Mitra

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Melalui Musyawarah Kabupaten (Muskab) Palang Merah Indonesia (PMI) Minahasa Tenggara (Mitra), Selasa (17/2/2015), Ny Jein Sumendap-Rende SE Ak, terpilih secara aklamasi menahkodai organisasi yang fokus di bidang kemanusiaan ini.

Ny Jein Sumendap-Rende SE Ak, yang tak lain adalah istri Bupati Mitra James Sumendap SH ini, dicalonkan oleh pengurus dari 12 kecamatan, sebagai calon tunggal, sehingga Muskab PMI Mitra yang dipimpin oleh Tommy Sampelan, Rudi Piri dan Yatty Korua dari PMI Sulut, langsung menetapkannya sebagai Ketua PMI Mitra terpilih periode 2015-2020.

“Apa yang dipercayakan kepada saya, akan saya laksanakan dengan penuh tanggungjawab, karena demi kemanusiaan ini adalah panggilan tugas yang sangat mulia,” ujar Ny Jein Sumendap-Rende SEAk, dalam sambutannya.

Lebih lanjut, dirinya juga meminta dukungan penuh pemerintah daerah, agar program PMI Mitra berjalan dengan baik. “PMI adalah organisasi Internasional di bidang sosial kemanusiaan, PMI tidak bekerja sendiri, namun bersama-sama dengan mitra kerja bahu-membahu secara gotong royong melaksanakan tujuan kemanusiaan, dan juga PMI Mitra juga berharap keikutsertaan para relawan, untuk bersama-sama dalam kegiatan kemanusiaan. ”Saya tertarik dengan prinsip kerelaan, dari 7 prinsip PMI, di sini kita dituntut untuk bekerja sepenuh hati, demi kemanusiaan,” kata Ny Jein Sumendap-Rende.

Ketua PMI Sulut James Karinda SH MH, yang langsung melantik Ketua terpilih, dalam arahannya mengapresiasi sikap dan kepedulian Ny Jein Sumendap-Rende SE Ak.

“Memimpin PMI harus ada dan memiliki jiwa kemanusian serta memiliki kepedulian, dan itu kami lihat ada pada ketua terpilih. Saya yakin kepengurusan PMI di Mitra akan berjalan dengan baik. Dan untuk pemerintah yang menjadi mitra kerja palang merah, kami berharap dapat bekerjasama dengan baik dalam berbagai kegiatan sosial kemanusiaan, apalagi soal anggaran, itu bisa ditata pada APBD,” ujarnya Bupati Mitra James Sumendap SH, yang juga adalah pelindung PMI Mitra, dalam arahannya menyampaikan, tugas pengurus daerah untuk membentuk relawan-relawan palang merah dan harus menjadi yang terdepan, punya tanggungjawab moril para generasi muda, mendidik para remaja yang peduli pada kemanusiaan.

“Beri motivasi kepada mereka untuk peduli kemanusiaan. Dan untuk dukungan kepada PMI, tidak perlu diragukan karena semangat mapalus tetap terjaga dengan baik di Mitra. Ingat PMI bukan lembaga mencari popularitas, disini adalah lembaga sosial dengan tujuan kemanusiaan. Harapan saya, militansi terhadap kemanusiaan harus lahir dari sekarang,” tandasnya. (ten)