Kadistanak Sulut: Bansos Koptan Akan Dicairkan Lewat Rekening Masing-masing Koptan

Reporter : | 15 Feb, 2015 - 10:20 pm WITA

SULUT, (manadotoday.co.id) – Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak)  Sulut Ir. Johanes Panelewen, mengatakan bantuan sosial untuk kelompok tani (koptan) di daerah ini, akan dicairkan lewat rekening masing-masing koptan.

“Pencairan bansos ini, sesuai dengan aturan dan usulan dari Kabupataen/Kota,” ujar Panelewen.

Dijelaskan dia, bansos lewat bidang ketahanan pangan sekitar Rp. 60 Miliar sementara di bidang PSP Rp.60 Miliar. Untuk itu, diperlukan kerjasama semua pihak di daerah, supaya bantuan ini dapat disalurkan dan dimanfaatkan koptan terlebih pencapaian target swasembada beras di Sulut lewat peningkatan produksi panen padi.

“Nah, penyaluran bansos ini dibutuhkan pendampingan tenaga penyuluh di daerah-daerah untuk calon kelompok tani yang diusulkan. Mengingat kedepan dibutuhkan perubahan terutama dengan peningkatan produksi, sehingga dana yang diberikan tentunya dapat bermanfaat serta terjadi perubahan hasil yang dicapai.

“Bila sinergitas serta koordinasi berlajan baik, dipastikan ada kenaikkan produksi panen 5,3 ton beras di Sulut bisa dicapai,” ungkap Panelewen.

Ditambahkannya, selain padi, benih jagung pun perlu perhatian serius dari Kabupaten/Kota, dimana ada 6000 hektar yang diusulkan. Agar dalam penetuan varitas tentunya harus adil, bukan hanya satu varitas, seperri N35, Nusantara, semuanya dibagi secera proposional.

“Artinya jangan hanya untuk satu varitas. Inilah yang perlu dilakukan pendampingan dari instansi terkait Kabupaten/Kota,” ungkap Panelewen, sembari menyatakan pengawasan di lapangan pasti dilakukan oleh pemerintah, sehingga untuk bansos yang ditransfer ke rekening koptan, sesuai aturan. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment