India Tawarkan Kerjasama ke Sulut Wujudkan Manado jadi Kota Smart City

Reporter : | 13 Feb, 2015 - 8:15 pm WITA

Kota Smart City

Konjen India ketika mengunjungi Sulut yang diterima langsung Gubernur Sarundajang

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pemerintah India melalui Konsul Jenderal (Konjen) India untuk Indonesia Mr. AS Takhi, mengunjungi Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (13/2/2015). Kunjungan tersebut, diterima langsung Gubernur DR. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), di ruang eks WOC Kantor Gubernur Sulut.

Menariknya, dalam pertemuan tersebut Konjel India Mr. AS Takhi menyatakan pihaknya ingin melakukan berbagai kerjasama dengan Provinsi Sulut, termasuk menjadi Manado sebagai Kota Smart City.

“Keinginan kerjasama kami di Sulut, termasuk membangun pelabuhan dan infrastruktur fisik lainnya, membuat Manado sebagai Ibu Kota Provinsi menjadi Smart City dengan IT yang mantap,” ujar Konjen.

Lanjutnya, kerjasama lain yang ditawarkan India, adalah pendidikan gratis bagi pejabat, mahasiswa, dan siswa berprestasi untuk belajar di Universitas terkemuka di India. Syaratnya, adalah bisa berbahasa Inggris.

“Bidang lain yang kami ingin jalin dengan Sulut, yakni agriculture, kerjasama Investasi untuk produk-produk turunan dari kelapa, investasi di bidang perikanan, kerjasama sister cities antara Manado dan kota-kota di India, dan sektor program pariwisata kami,” terang Konjen.

Sementara Gubernur Sarundajang, member apresiasi da terimakasih kepada Konjen India terkait rencana kerjasama dengan Sulut, termasuk ingin membina hubungan kerjasama yang lerbih erat dengan Provinsi Sulut.

“Itu semua sangat baik dan selaku Pemprov Sulut kami member apresiasi terkait rencana kerjasama ini,” tandas Sarundajang.

Terkait Manado jadi Smart City, SHS sapaan familiar Sarundajang menyatakan akan sangat mendukung rencana tersebut. Namun, menjadikan Manado Smart City harus ada komitmen dari pemerintah Kota Manado yakni Kepala Daerahnya.

“Itu sangat baik. Supaya Manado bisa lebih berkembang lagi,” ungkap SHS.

Ditambahkan dia, alasan lain kedatangan Konjen India ke Sulut yakni menyampaikan pelaksanaan ulang tahun India yang akan dilaksanakan di Sulut, dengan akan digelar festival seni budaya berupa tarian rakyat Bhangra dari Punjab.

“Kegiatan bertajuk Festival of India in Indonesia ini, akan berlangsung di Aula Mapalus kantor Gubernur 20 Februari 2015 mendatang. Saya mengajak seluruh warga masyarakat Sulut untuk hadir pagelaran seni budaya India yang sensasional ini. Kegiatan ini lagi tak memunggut biaya alias gratis,” pungkasnya.

Turut hadir dalam pertemuan itu, Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Sulut Drs. Sanny Parengkuan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulut Ir. Happy TR Korah MSi, Kabag Humas Drs Jahja Rondonuwu MSi, Kabag Protokol Drs Jackson Ruaw MSi, serta sejumlah pejabat Pemprov Sulut. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment