Pemkot Tomohon Tunjang Kebijakan Energi Nasional

Reporter : | 13 Feb, 2015 - 8:00 am WITA

Pemkot Tomohon tunjang kebijakan energi nasional

Pemkot Tomohon tunjang kebijakan energi nasional

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Sebagai daerah yang memiliki potensi panas bumi, Kota Tomohon menyatakan akan menjadi fasilitator terhadap pengembangan panas bumi dalam menunjang kebijakan energi nasional.

Ini terungkap dalam kegiatan focus group discussion pembangunan
Lahendong Geothermal Education Park, yang dilaksanakan di Aula Lantai III Kantor Walikota Tomohon Kamis (12/2/2015.

Walikota Tomohon mengatakan, pihaknya meyakini terealisasinya pembangunan Lahendong Geothermal Education Park (LGEP) mampu mendorong dari sisi sumber daya manusia dan dukungan masyarakat sekitarnya bagi peningkatan energi panas bumi secara khusus di Sulawesi Utara.

‘’Ini tentunya akan membuka peluang sektor pariwisata untuk lebih berkembang dengan bertambahnya destinasi wisata berbasis pendidikan. Saya percaya PLTP Lahendong cukup dan telah mampu menumbuhkan rasa keterlibatan, keberpihakan dan empati masyarakat sekitarnya dengan berbagai kebijakan yang mampu juga
mendorong peningkatan taraf hidup ekonomi masyarakat,’’ ujar Eman.

Sementara Kepala Badan Perencanaan Pembangunan daerah (Bappeda) Provinsi Sulut Ir Royke O Roring MSi mengharapkan kehadiran LGEP di Kota Tomohon akan menjadi sarana bertukar ilmu pengetahuan antar pelajar, mahasiswa, akademisi,
pengguna teknologi panas bumi serta masyarakat umum dalam memperkaya wawasan dan ilmu pengetahuan tentang panas bumi. ‘’Sehingga potensi sumber daya alam ini akan diminati dan akan mampu meningkatkan daya saing ekonomi masyarakat Sulut dan Indonesia pada umumnya,’’ kata Roring.

Sebagai narasumber dalam diskusi, Kepala Pusat Penelitian Panas Bumi Universitas Gajah Mada Pri Utami PhD, pejabat fungsional peneliti Dra J Roeroe MSi, Kepala Bappeda Kota Tomohon Ir Enos Pontororing MSi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulut Drs Stefanus Vreeke Runtu, Ketua DPRD Kota Tomohon Ir Miky JL Wenur, Sekretaris Pusat Penelitian Panas Bumi UGM Khazani, jajaran Bappeda Provinsi Sulut,  jajaran Pemkot Tomohon. (ark)

 

Baca Juga :

Leave a comment