Prancis Ingin Jalin Kerjasama dengan Sulut

Reporter : | 09 Feb, 2015 - 8:31 pm WITA

SULUT, (manadotoday.co.id) – Keinginan sejumlah negara melakukan kerjasama dengan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus berdatangan. Kali ini, dari Negara Eropa, Prancis. Hal tersebut terungkap dalam pertemuan Konjen RI untuk Prancis Dewi Mayangsari Kusuma Astuti, dengan Gubernur Sulut DR. Sinyo Harry Saundajang (SHS).

“Pransis ingin menciptakan hubungan dagang dengan Sulut, yang memiliki potensi perdagangan ikan yang besar,” kata Dewi.

Sementara Gubernur Sarundajang dalam penjelasannya, menyatakan pangsa pasar ikan di Sulut, yakni tersedia untuk produk tuna sebesar 300 ton pertahun di wilayah selatan prancis, dan hal ini sangat menguntungkan.

“Kami menyambut baik hal ini, dan tentunya masih akan mempelajari faktor – faktor pendukung lainnya sehingga potensi ini betul – betul nantinya bisa tergarap,” terang Sarundajang.

Disisi lain, dia berharap Konjen RI untuk Prancis memerjuangkan produk – produk unggulan lainnya yakni cengkih, pala dan vanilla, yang sekiranya berpotensi untuk perdagangan di Prancis.

“Saya berharap kerjasama ini dapat meningkatkan perdagangan antara pemerintah Indonesia dan Sulut dengan Prancis dengan lebih baik lagi di tahun – tahun mendatang,” tandas SHS sapaan familiar Sarundajang. (ton)

Baca Juga :

1 comment

  1. Harly Makarawung mengatakan:

    sebenarnya potensi khusus ikan di sulut melimpah jadi pemerinta harus turun tangan dalam hal koneksifitas dengan pembeli apalagi sekarang era pasar bebas dan indonesia punya ikan yang melimpah khususnya di sulut.

Leave a comment