Wagub Sulut Ikuti Ibadah Syukur Tulude di GMIM Pniel Tuna

MANADO, (manadotoday.co.id) – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Djouhari KansilM Pd, mengikuti ibadah syukur adat Tulude warga Nusa Utara di seputaran Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) Pniel Tuna, Wawonasa, Kota Manado.

Ibadah syukur Tulude tersebut, dipimpin Pdt. Roy Tamaweol. Dalam khotbahnya, Tamaweol mengajak seluruh warga nusa utara untuk tetap hidup rukun dan damai, hidup bermartabat dan saling menghormati.

“Hidup saling menghormati harus dilakukan dalam kehidupan sehari hari. Sebab, hal tersebut merupakan ajaran dari para leluhur, supaya berkelakuan baik dan hidup memberi arti bagi masyarakat sekitar,” ujar Pdt. Tamaweol.

Sementara Wagub Kansil dalam sambutannya, mengatakan kegiatan ini harus terus dilaksanakan dimana Tulude merupakan momen untuk mengucap syukur kepada pencipta atas berkat dan rahmat yang telah dilimpahkan selama tahun 2014 yang sudah berlalu, serta memohon berkat pertolongan Tuhan di tahun yang baru.

“Tulude bukan hanya jadi tradisi, tapi sebagai media mempererat tali persaudaraan antar sesama warga nusa utara dan warga setempat. Pelaksanaan tulude ini, diharapkan menciptakan kerukunan dalam hidup bertetangga, maupun persekutuan,” ingat Kansil.

Ditambahkannya, sesama warga harus saling menghargai, dimana membangun kebersamaan yang didasarkan pada budaya dan adat istiadat, melanjutkan pembangunan Sulut.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Ibu Mieke Kansil Tatengkeng mengatakan, rangkaian perayaan tulude ini, dilaksanakan pagelaran seni buday nusa utara yang di lakukan para siswa SMA N 1 Tahuna.

Trurt hadir Wawali Manado Harley Mangindaan bersama Isteri Seyla Mangindaan Kudati, Staf Khusus Kemenko PMK Eva Silvana Ussu, Direktur Umum Bank Sulut Mahmud Turuis, Ketua BPMJ Pniel Tuna Pdt Estevanus Katihokang STh,serta tokoh masyarakat nusa utara lainnya. (ton)