Bandara Melonguane Talaud Diperluas

Reporter : | 07 Feb, 2015 - 8:32 pm WITA

Gubernur Sulawesi Utara

Gubernur Sarundajang ketika meninjau perluasan Bandara Melonguane, Kabupaten Talaud.

MELONGUANE, (manadotoday.co.id) – Bandara Melonguane yang terletak di Kabupaten Kepualauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), rencananya akan diperluas.

Dalam kunjungan kerja Gubernur Sulut DR. Sinyo Harry Sarundajang (SHS) di Kabupaten Talaud, sempat meninjau rencana perluasan bandara, yakni perpanjangan landas pacu/runway.

Juru bicara Pemprov Sulut Drs. Yahya Rondunuwu mengatakan, disela-sela peninjauan Gubernur Sarundajang menerima laporan dari Kepala Unit Penyelenggara Bandara Melonguane, tentang rencana perluasan yang sudah disampaikan kepada Bupati Kabupaten Talaud.

“Tahun 2014 lalu, pembebasan lahan melalui dana APBD Kabupaten Talaud telah membebaskan lahan 22.000 m2 atau 2,2 hektar dengan total biaya Rp.1.500.000.000. Dan untuk tahun 2015 ini, telah tersedia dana sebesar Rp.3,9 miliar, untuk pembebasan lahan perpanjangan lahan pacu seluas 56.000 m2 atau 5,6 hektar, sehingga total keseluruhan lahan akan mencapai seluas 7,8 hektar,” ujar Rondonuwu, mengutip menjelasan Kepala Unit Penyelenggara Bandara Melonguane.

Dikatakannya lagi, pengerjaan perpanjangan landas pacu akan dilakukan Tahun 2016 nanti, sedangkan di Tahun 2017 pekerjaan konstruksi.

“Dalam kesempatan itu, Gubernur Sarundajang mengajak rakyat mendukung program program pemerintah terutama masalah tanah, agar harapan yang diinginkan pemerintah soal kesejahteraan rakyat atau tujuan yang lebih besar atau kepentingan umum, dapat terwujud,” tandas Rondonuwu.

Diketahui, tahun 2015 ini terdapat kegiatan fisik overlay/ pelapisan landas pacu Bandara Melonguane, dengan luas 1400 x 30 m2 dengan ketebalan 5 cm, serta pekerjaan lanjutan pagar pengamanan bandara. (ton)

Baca Juga :

1 comment

  1. Dolongseda Larenaung mengatakan:

    Saya Selaku Masyarakat Talaud BerTerimah Kasih Kepada Bapak Gubernur & Ibu Bupati Kab.Kepulauan Talaud, Atas Program Yang Akan DIlakukan Biarlah BIsah Berjalan Dengan Baik
    Sehingga Dapat Meningkatkan APBD Kab. Talaud.

    # Sebagai Masyarakat Aku Ingin Bertanya..?
    1]. Di Dalam Pembebasan Lahan ada tidak Sistem Ganti Rugi.

    # Masyarakat Hanya Menginginkan Biarlah Proyek Tersebut BIsa Berjalan Dengan Baik Tanpa Ada ” PENYELEWENGAN ” Yang Timbulnya ” KORUPSI ”
    # Harus Ada Tim Audit Yang Memantau Berjalanya Proyek…

    Terimah Kasih.

Leave a comment