Bupati Minahasa Panen Cabe di Koka

Reporter : | 04 Feb, 2015 - 12:20 am WITA

panen cabe

Bupati Jantje Wowiling Sajow ketika panen cabe.

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS), memimpin panen Cabe di Kebun JWS Desa Koka Kecamatan Tombulu, Selasa (3/2/2015).

Kegiatan yang menjadi kerjasama Pemkab Minahasa dan Bank Indonesia Perwakilan Sulut tersebut, turut dihadiri Deputi Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulut Ir Dudung Catur Setyadi, Asisten II Sekdakab Dr Willford Siagian MA, Kaban BP4K Ir Suhban Torar, Manager Analisis Bank Indonesia Curie Rantung, Direktur PT Agrio Pieter Tangka, Kadis Pertanian Ir Refly Mambu, Kadis Perikanan Ir Arifin Kiay Demak, Kadis Kehutanan Ir Wenny Talumewo, Kaban Ketapang Ir Junus Runtukahu, Kadis Pasar Dr Vicky Tanor MSi, Kasat Pol PP Engel Rantung SE, Kabag Humas dan Protokol Agustivo Tumundo SE MSi, Camat Tombulu Drs Joris Tumilantouw, para Hukum Tua dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, JWS sapaan familiar Bupati Minahasa, mengajak untuk menanam dan jangan terpengaruh dengan fluktuasi harga. Harga bervariasi karena banyak pedagang dengan berbagai macam jenis cabe.

Dikatakan Bupati pada waktu Menteri Pertanian periode lalu Dr Suswono dulu datang, saya menyampaikan di Tompaso bahwa perbedaan orang Jawa dengan Minahasa adalah jika orang Jawa makan kelebihan cabe akan menangis, sementara orang Minahasa jika makan tanpa cabe atau rica akan menangis.

“Cabe sudah menjadi ciri khas orang Minahasa. Oleh sebab itu, manfaatkan setiap lahan yang rata untuk menanam cabe atau rica ini. Saatnya para petani harus bersyukur karena sudah banyak perhatian yang diberikan oleh Pemerintah, diantaranya tractor, pupuk organik, pupuk kimia dan lainnya yang sudah lebih muda didapatkan oleh petani, termasuk yang telah dilakukan para pengusaha untuk gebrakan bagi rakyat minahasa,” katanya. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment