SHS: Tulude Warisan Budaya Yang Harus Dipelihara

Reporter : | 02 Feb, 2015 - 12:13 pm WITA

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), menyatakan pesta adat Tulude merupakan warisan budaya yang harus dipelihara. Hal tersebut disampaikannya, ketika mengikuti pesta adat Tulude di Kota Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sabtu (31/1/2015) akhir pekan lalu.

“Tulude salah satu acara ritual adat dan iven lokal yang perlu kita kembangkan, sebab adat seperti ini merupakan warisan budaya lokal leluhur yang sangat berharga,” ujar SHS.

Diketahui, pada pesta adat Tulude tersebut, dihadiri Gubernur SHS bersama istri, Wakil Gubernur DR. Djouhari Kansil MPd bersama istri, dan jajaran Forkompida Sulut serta para pejabat Pemprov Sulut.

(BACA JUGA: Gelar Adat Tulude di Bitung Sukses)

Pada pesta adat Tulude itu, SHS mendapatkan gelar adat Sangihe “Bataha Lahansang Dulage” yang berarti, “pemimpin yang kreatif”.

“Pesta adat Tulude ini, adalah upacara ibadah syukur Pemerintah dan masyarakat Sangihe setelah diperoleh berkat selama setahun dengan harapan tahun yang berjalan ini diberikan kekuatan, kesehatan, dan diberkati disegala kehidupan kami,” ungkap Bupati Sangihe Drs. H.R. Makagansa. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment