Dinas Koperasi dan UMKM Tomohon Kembangkan Jaringan Kerjasama Usaha Koperasi

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Agar memiliki daya saing dengan system ekonomi yang lebih luas, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perlu meningkatkan dan mengembangkan jaringan kerjasama.

Untuk itu, Kamis (26/2/2015) dilaksanakan kegiatan peningkatan dan pengembangan jaringan kerjasama Koperasi dan UMKM.

Kegiatan dibuka Kadis Koperasi dan UMKM Kota Tomohon Ronny Lumowa SSos MSi.

Tujuan kegiatan kata Lumowan, adalah untuk pembangunan kemitraan antara BUMD dan mitra kerja koperasi, karena unit-unit  koperasi perlu dibangun dan dijalankan dalam kultur ekonomi yang efektif dan efisien yang dapat meningkatkan pelayanan –pelayanan  yang mutunya lebih baik lagi daripada pesaing yang ada serta pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan seluruh
masyarakat.
‘’Ini dilihat juga dari pertumbuhan koperasi di Indonesia yang secara
kuantitatif terbilang pesat dibandingkan negara lain di dunia sehingga berdampak pada pertumbuhan koperasi di Kota Tomohon,’’ kata Lumowa.

Bank Sulut selaku narasumber mengangkat materi tentang Kredit Usaha Rakyat (KUR) serta persyaratan yang dibutuhkan. Koperasi  Gelora Pendidikan yang juga menjadi narasumber membagikan kiat-kiat sehingga berhasil dalam pengelolaan dan LPDB.
Lumowa berharap, setiap unit koperasi  dapat bekerja sama dengan badan-badan atau instansi yang kedudukannya lebih tinggi ataupun yang
lebih rendah dan juga mampu bekerja sama dengan non-koperasi yang
kesemuanya untuk mendorong perkembangan koperasi dan masyarakat Kota
Tomohon. Kegiatan ini dihadiri oleh 30 penjaring koperasi. (ark)

Add Comment