Persiapan Kongres ke-X GAMKI di Manado Terus Dimatangkan

Reporter : | 25 Feb, 2015 - 11:15 pm WITA

MANADO, (manadotoday.co.id) – Persiapan pelaksanaan Kongres Nasional ke-X Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) di Kota Manado, 28 April hingga 3 Mei 2015 mendatang, terus dimatangkan. Ketua Umum panitia pelaksana DR. Djouhari Kansil MPd selaku Wakil Gubernur Sulut, mengatakan, berbagai persiapan suksesnya agenda nasional ini, terus dilakukan pihak panitia, seperti melakukan pertemuan dengan para tokoh-tokoh agama di daerah ini.

Dukungan pun datang dari Pucuk Pimpinan Kerapatan Gereja Protestan Minahasa (KGPM), pimpinan Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM), Majelis Daerah Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI), dan dari Keuskupan Manado. “Panitia memohon dukungan doa dari seluruh masyarakat Sulut, demi suksenya iven ini. Rencananya, Kongres ini akan dibuka Presiden atau Wapres RI. Dalam kongres nanti, akan digelar Seminar Nasional dengan pembicara diantaranya para Menteri Kabinet Kerja serta para tokoh pemuda asal daerah ini,” jelas Kansil.

Sementara Ketua BPMS GMIM Pdt DR. HWB Sumakul, mengatakan pihaknya sangat mendukung suksesnya iven nasional ini, bahkan akan merekomendasikan kepada seluruh pimpinan Pemuda se-Sinode GMIM untuk ikut serta dalam Ibadah Agung dan Pawai Paskah Pemuda Indonesia (PPPI) demi menyukseskan Kongres Nasional ini. “Ini iven yang akan menjadi wadah bagi para Pemuda Kristen di Indonesia termasuk di dalamnya Pemuda GMIM untuk tak hanya menggumuli eksistensi dan perjuangan dari GAMKI tetapi juga menyangkut Gereja dan Bangsa,” ujarnya.

Sumakul juga mengapresiasi agenda Pawai Paskah Pemuda Indonesia dalam iven ini. “Ini tidak hanya sebuah sejarah tetapi juga akan mengharumkan nama Sulut tidak hanya ditingkat nasional tetapi juga internasional. Karena ini baru pertama kali terjadi,” tukasnya.

Sementara Ketua Umum Pucuk Pimpinan KGPM Gembala Teddy Batasina STh, menyatakan siap menyukseskan iven nasional tersebut. Menurut dia, salah satu bentuk dukungan KGPM dalam menyukseskan Kongres tersebut adalah akan melibatkan ratusan pemuda KGPM dalam Ibadah Agung dan Pawai Paskah Nasional Pemuda denominasi gereja yang digelar untuk pertama kalinya di Indonesia Pertama antar denominasi gereja pada iven akbar tersebut. “Sebanyak 200-300 pemuda KGPM akan ikut dalam Ibadah Agung dan Pawai Paskah Nasional yang digelar Panitia pelaksana dalam iven tersebut,” ujar Batasina.

Sedangkan Ketua Majelis Daerah GPdI Sulut Pdt Ivone Awuy-Lantu STh, mengatakan jemaat dan secara khusus Pemuda GPdI akan mengambil bagian secara aktif dan mendoakan seluruh rangkaian kegiatan Kongres. “Selaku tuan rumah sudah seharusnya Pemuda Gereja memberi dukungan demi suksesnya kegiatan ini. Dan saya yakin Pemuda GPdI akan ikut ambil bagian secara aktif didalamnya,” paparnya.

Uskup Manado Mgr Josef Suwatan MSC menambahkan, pihaknya menyambut dengan baik iven ini, sembari berjanji akan mengkoordinasikan keikutsertaan mudika Keuskupan Manado bersama seluruh jajaran keuskupan. “Saya akan mengkoordinasikan langsung kepada para mudika dan jajaran Keuskupan Manado untuk ikut secara aktif menyukseskannya hajatan religius dari pada pemuda denominasi gereja se- Indonesia ini, ujarnya.

Dukungan Polda Sulut dan PLN Suluttenggo Selain dukungan untuk suksesnya Kongres ke-X GAMKI datang dari pimpinan Agama di Sulut, dukungan yang sama datang dari Polda Sulut dan PLN Wilayah Suluttenggo. Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Palmer Sinaga bersama Karo Ops Kombes Pol. Drs Asjiman, Dir Intelkam Kombes Pol Daud Subarkah, Kabid Humas AKBP Wilson Damanik dan Kabid TI AKBP John Rori, menyatakan siap membantu melakukan pengamanan sebelum, sepanjang dan sesudah pelaksanaan kongres tersebut.

“Khusus untuk kegiatan Ibadah Agung dan Pawai Paskah, kami akan melakukan operasi di sejumlah titik yang dinilai rawan yang nanti akan dilewati peserta pawai. Ini dimaksudkan agar seluruh rangkaian kegiatan berlangsung lancar ddan aman,” paparnya.

Sementara General Manager PLN Suluttenggo Baringin Nababan didampingi Deputy Manajer Hukum dan Humas PLN Lefrand Maleke mengatakan, pihaknya menjamin ketersediaan listrik selama berlangsungnya iven nasional itu. “Kami akan mendukung panitia sejak jauh-jauh hari,” kata Nababan. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.