Prabowo: Tomohon Bisa Jadi Percontohan Tanaman Bunga

Reporter : | 24 Feb, 2015 - 10:06 pm WITA

Edhy Prabowo MM MBA. Tomohon, Sri Wijayanti Yusuf

Kunjungan Komisi IV DPR-RI di Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.com) – Ketua Komisi IV DPR-RI yang membidangi Kelautan, Perikanan, Perkebunan dan Edhy Prabowo MM MBA mengatakan, Kota Tomohon bisa menjadi percontohan tanaman bunga bagi daerah lain di Indonesia. Hal ini diungkapkannya saat berkunjung ke Kota Bunga Tomohon Selasa (24/2/2015) di lokasi show window atau pusat pembibitan tanaman hias di Kakaskasen II Tomohon Utara.

Untuk itu, Prabowo mengatakan akan memperjuangkan berbagai aspirasi petani yang bertujuan untuk pengembangan hasil pertanian, perkebunan. Ini setelah digelar dialog denga para petani bunga dan banyak menerima usulan dari para petani tersebut. Kunjungan Komisi IV DPR-RI ke Kota Tomohon sendiri untuk saling memberikan masukan kaitan dengan pembudidayaan tanaman hias serta berkaitan dengan pertanian perkebunan lainnya.

‘’Tomohon sangat strategis dalam pengembangan tanaman florikultura serta hortikultura. Untuk itu sangatlah baik agar terus dikembangkan, terutama bunga Krisan yang menjadi pioner di Kota Tomohon,’’ katanya.

Sementara Sri Wijayanti Yusuf selaku Dirjen Pembenihan Hortikultura Kementerian Pertanian RI menuturkan, tahun 2016 nanti pihaknya akan memperjuangkan bantuan dalam hal pembudidayaan tanaman bunga dan pertanian lainnya bagi Kota Tomohon. ‘’Ini agar Kota Tomohon dapat memroses sekaligus mengahasilkan langsung benih tanaman hias,’’ tandasnya.

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengapresiasi kunjungan tersebut. “Saya berharap kunjungan ini akan memberikan peluang yang baik dalam pengembangan hasil pertanian yang ada di Tomohon baik tanaman hias serta berbagai hasil pertanian yang ada,’’ tutur Eman,

Dikatakan pula pihaknya akan berkomitmen serta selalu berkoordinasi dengan pemerintah pusat melalui kementerian pertanian untuk tetap terus mengembangkan pembudidayaan berbagai jenis tanaman pertanian, perkebunan terlebih pengembangan tanaman hias yang merupakan ikon Kota Tomohon.

Selain show window rombongan juga mengunjungi beberapa lokasi pusat pembibitan tanaman hias, dilanjutkan lokasi pertanian balai benih padi yang ada di Taratara Tomohon Barat serta sejumlah objek wisata di Kota Tomohon.

Ikut juga dalam rombongan Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI Dr Hasil Sembiring, Kadis Pertanian Sulut Ir Johanis Palenewen MSi, Kadis Kehutanan Sulut Ir Herry Rotinsulu, Kadis Perikanan dan Kelautan Sulut Ir Ronald Sorongan, kepala Bakorluh Sulut Ir Jefry Senduk serta perwakilan dari perusahaan Pupuk Kaltim dan Petrokimia Gresik. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment