Tolak Transmigrasi di Sulut, Semangat Nasionalis Bupati Minahasa Tenggara Dipertanyakan

Reporter : | 23 Feb, 2015 - 12:12 pm WITA

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Semangat Nasionalis Bupati Mitra James Sumendap SH dipertanyakan. Pasalnya, pernyataan penolakan terhadap Program Transmigrasi, bahkan mengajak seluruh Kepala Daerah se-Sulut untuk menolak masuknya warga luar ke Sulut, dinilai terlalu berlebihan. (BACA:┬áBupati Minahasa Tenggara Tolak Transmigrasi)

Hal ini menuai sorotan dari Ikatan Keluarga Besar Nusa Tenggara Timur (IKB NTT) Provinsi Sulut. Melalui Ketua Terpilih IKB NTT Sulut Simon Sili Gesimaking SS, mempertanyakan semangat Nasionalis dari Bupati Mitra.

“Di mana semangat Nasionalisnya? Warga transmigran juga kan warga Indonesia, dan harus diingat transmigrasi adalah program pemerintah pusat yang harus dijalankan di daerah,” ujarnya.

IKB NTT di Sulut lanjutnyasangat menyayangkan pernyataan Sumendap, menolak masuknya warga luar menjadi transmigran di wilayah Sulut.

(BACA JUGA: Dishubkominfo Minahasa Tenggara Gelar Operasi Kendaraan tak Layak Jalan)

“Alasan penolakan yang disampaikan Bupati Mitra, karena banyak masyarakat Sulut tak mendapat pemukiman, itu terlalu berlebihan. Kami salut adanya perhatian pak Bupati terhadap nasib warga Sulut yang tak punya pemukiman.

Namun bukan berarti menyalahkan warga transmigran,” kata Gesimaking, sembari mengatakan harusnya ada terobosan dari kepala daerah menghadapi masalah tersebut, misalnya membuat program pemberian lahan gratis, atau apa saja untuk pemukiman warga.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment