SHS: Budaya Jaton Harus Terus Dilestarikan

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), mengatakan budaya Jawa Tondano (Jaton) harus terus dilestarikan. Hal tersebut disampaikan Sarundajang, ketika membuka Fesbudaton ke-X di Masjid Agung Al-Fatah Kyai Mojo Tondano Minahasa.

“Festival seni budaya Jaton, adalah momen cerdas dalam menjaga dan melestarikan potensi budaya lokal sebagai salah satu akselerator percepatan pembangunan daerah di bidang pariwisata,” ujar SHS sapaan familiar Sarundajang.

Dijelaskan dia, Pemprov Sulut memberi apresiasi yang tinggi, sekaligus mengucapkan terima kasih kepada segenap masyarakat Jaton yang telah mengorbitkan dan melestarikan kultur budaya yang mempesona ini.

“Oleh karena itu, festival ini patut mendapat respons positif dari seluruh komponen masyarakat Bumi Nyiur Melambai, sebagai bentuk penghargaan terhadap kreatifitas budaya yang perlu dilestarikan untuk menjadi kekuatan pengembangan pariwisata di sulut dan minahasa, guna menarik minat wisatawan,” ungkap SHS. (ton)