James Sumendap Tolak Transmigran, SHS: Itu Pendapat Pribadi

Manado, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang (SHS) menilai pernyataan Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap yang dengan lantang menolak program transmigrasi di Sulawesi Utara sebagai pernyataan pribadi.

“Itu pendapat pribadi. Bukan ucapan resmi kegiatan pemerintah. Tapi saya akan cek apakah benar itu ucapan dia (James Sumendap). Kalaupun itu terucap, itu pribadi, tapi saya akan cek,” kata Sarundajang kepada wartawan, Rabu (19/2), di Bumi Beringin, Manado.

Kendati begitu, Sarundajang menegaskan kegiatan transmigrasi adalah program nasional yang semestinya diterima oleh Pemerintah Daerah. “Tapi tentunya Transmigrasi yang selektif,” kata SHS.

Sebelumnya, Sumendap saat menerima kunjungan Komisi IV DPRD Sulut, mengajak kepada Walikota dan bupati di Sulut untuk menolak transmigran, karena masih banyak warga Sulut yang lebih membutuhkan tempat tinggal.

“Itu yang harus diperhatikan, karena masih banyak warga Sulut yang lebih membutuhkan lokasi transmigrasi secara lokal,” kata Sumendap.

14 thoughts on “James Sumendap Tolak Transmigran, SHS: Itu Pendapat Pribadi

  1. laurensius kalesaran

    - Edit

    Reply

    Walaupun hanya pribadi tp sy sngat stuju dgn pendapat itu.Lihat dl perkmbgan msyrkat kita sndiri yg msih perlu dibina direlokasi agar hidup lebih layak jgn dulu menambah beban.jgn sampe nanti2 timbul kcmburuan sosial.kasus daerah lain bisa jd cntoh.(kasus sambas,ambon,dll).

  2. saya setuju sekali dgn keputusan pak james, lihat lah di pelosok minahasa pak sinyo, masih banyak masyarakat yg perlu di naikan taraf hidupnya, utk apa transmigrasi kalau masyarakat kita saja masih minim, belum lagi nanti timbul masalah masalah sosial yg berdampak pada fundamental, lihat lah khasus ambon sambas, tolong pekah dan waspada pak sinyo

  3. Transmigrasi untuk apa pak sinyo, mendingan berikan pembinaan pada masyarakat utk meningkatkan taraf hidup, spy masyarakat pribumi bisa berhasil, jgn nanti malah orang luar yang sdh lebih banyak di bumi sulut, nanti tanpa sadar segala bisa saja terjadi, tolong pekah dan waspada,

  4. Pendapat bapak james mewakili suara seluruh rakyat minahasa. Kami minahasa menolak transmigrasi karna tanah ini utk anak cucu kita nanti dan bukan untuk pendatang. DAN Dengan adanya transmigrasi akan menghilangkan budaya asli minahasa, sbgai daerah mayoritas kristen karena saat ini sementara penghijauan didaerah sulut alias islamisasi dan itu adalah kesalahan transmigrasi anda bpk SHS dan anda siap saja untuk tidak mempimpin tanah kami karna kami tidak membutuhkan pemimpin seperti anda yg tidak mengutamakan rakyay minahasa malah buta akan toleransi yg akan membawa daerah kita menjadi seperti ambon nantinya.Gbu

  5. Harusnya Pak Gubernur memperhatikan Rakyatnya bukan menjilat di Pusat Jakarta.. masih banyak masyarakat sulut yang harusnya diberdayakan untuk mengolah lahan tidur.. bukannya menerima Transmigrasi yang nantinya akan berdampak ORANG SULAWESI UTARA AKAN MENJADI BUDAK DI TANAHNYA SENDIRI..
    Apakah Pemerintah (nda ada program untuk berdayakan masyarakat SULUT)

  6. Singkat saja..buat apa transmigran….? Minahasa for Tou Minahasa. Untuk itu kami hrs lebih giat + rajin berkarya…semua demi Tanah Minahasa. VIVA MINAHASA.

  7. sebenarnya yg pendapat pribadi pak sumendap atau shs??? klu menurut saya pernyataan pak sumendap,,,so pasti mewakili seluruh rakyat sulut.coba pak shs cek/survey lansung di tengah masyarakan,sdh pastis org asli sulut menolak.cuma PENDATANG
    yg mendukung transmigrasi di sulut….

  8. Kelihatannya masih banyak yg cara berpikir kekanak-kanakan alias dangkal.hidop jo di utang kalo su nda mu trima orang laeng di sini.

  9. Kenapa harus ada program transmigrasi?, jika suatu daerah tidak mempu/gagal mengendalikan populasi sehingga terjadi ledakan penduduk di daerahnya mengapa daerah lain yang berhasil menekan jumlah pertambahan penduduk malah yang jadi korban?

Add Comment