Kansil Ajak Warga Nusa Utara Meriahkan Pesta Adat Tulude Tingkat Provinsi Sulut

MANADO, (manadotoday.co.id) – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Djouhari Kansil MPd, mengajak seluruh masyarakat dari wilayah Nusa Utara (Sangihe, Talaud, dan Sitaro), untuk meriahkan pelaksanaan pesta adat Tulude, yang akan dilaksanakan di Lapangan KONI Sario, Manado, 7 Februari 2015 nanti.

“Saya ajak seluruh rukun-rukun warga usa utara untuk dapat menghadiri pesta adat tulude tingkat provinsi sulut,” ujar Kansil selaku Ketua Umum Kerukunan Masyarakat Nusa Utara.

Menurut dia, Tulude merupakan pesta adat yang bernuansa religious. Dimana sudah dilakukan para leluhur sebagai momentum ucapan syukur kepada Tuhan atas segala berkat dan pertolongan di tahun yang lama sambil memohon perlindungan di tahun yang baru.

“Selain warga nusa utara, saya juga mengundang seluruh masyarakat untuk hadir di pesta adat tulude ini. Karena lewat tulude akan memberi semangat baru bagi kita untuk menyatuhkan membangun daerah ini,” tandas Kansil.

Diketahui, persiapan pelaksanaan pesta adat Tulude tingkat Sulut ini, terus dimatangkan. Berbagai pagelaran kesenian seperti musik bambu, masamper, tarian kabela, kolintang, dan lainnya akan dilaksanakan nanti.

Pihak panitia melalui Ketua Harian Mourits Berhandus didampingi Sekum Voura V Kumendong SH, menyebutkan, kesiapan pelaksanaan kegiatan terutama dari seksie acara, perlengkapan, dekorasi dan transportasi, sudah “final”. (ton)

Add Comment