Lima Kelurahan Jadi Andalan Destinasi Wisata di Kota Tomohon

Tomohon, danau linow
Danau Linow, salah satu andalan pariwisata di Kota Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.co.id) – Sejak ditetapkan sebagai Kelurahan Wisata, lima kelurahan di Kota Tomohon yakni Rurukan, Kinilow, Kakaskasen II, Pinaras dan. Lahendong terus menjadi andalan destinasi wisata di Kota Bunga Tomohon.

Menurut Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tomohon Drs. Gerardus E Mogi, kelima kelurahan tersebut memiliki keunikan tersendiri.

Kelurahan Rurukan di Kecamatan Tomohon Timur terkenal dengan panorama alam Gunung Mahawu, Bukit Temboan dan Puncak Tintingon. Dari sana bisa terlihat jelas Kawah Gunung Mahawu danGunung Lokon, Pulau Bunaken, Siladen dan pulau-pulau sekitarnya, Kota Manado serta Danau Tondano.

Kemudian Kelurahan Kakaskasen II di Kecamatan Tomohon Utara yang terkenal dengan perkampungan bunga, Gunung Api Lokon yang terkenal dengan jalur pendakian yang spektakuler serta keaktifannya dengan fasilitas penginapan yang asri di sekitarnya.

Selanjutnya Kelurahan Kinilow di Tomohon Utara dengan anyaman bambu dan fasilitas penginapan yang memadai, tenang dan exotis.

Kelurahan Pinaras di Tomohon Selatan memiliki air terjun unik karena bisa berdiri di tempat jatuhnya air. Kelurahan Lahendong juga di Tomohon Selatan dengan lokasi wisatanya Danau Linow yang airnya berwarna-warni.

Memiliki beragam flora dan fauna yang unik dan menarik dengan hamparan sawah dan sumber air yang mendidih.

”Kiranya ini semua ini bisa memberikan dampak ganda bagi kegiatan ekonomi menuju pada peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat,” kata Mogi.

Pemkot Tomohon juga lanjutnya memiliki iven nasional yang dilaksanakan tiap Agustus yakni Tomohon International Flower Festival (TIFF).

Selain kelima kelurahan tersebut ada beberapa kelurahan yang juga memiliki obyek wisata alam yang menarik seperti Kelurahan Tondangow dengan panas bumi dan bukit putih, Kelurahan Pangolombian dengan Danau Limaney, Kelurahan Woloan I dengan rumah panggung, Kelurahan Kayawu dan Taratara dengan pemandangan sawah dihiasi pepohonan kelapa dan alam sekitar.

”Pemkot Tomohon terus berupaya membangun infrastruktur penunjang pariwisata sehingga ke depan akan lebih banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang datang berkunjung,” tukas Mogi. (ark)

Add Comment